Pengumuman

PERS RELEASE
No: 02/P2R/USI/2018

Pendahuluan
Universitas Simalungun merupakan Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditaal “B" daN merupakan Universitas terbaik di Sumatera Utara di luar kota Medan. Universitas Simalungun berdiri pada tanggal 18 September 1965 yang dipelopori oleh Brigjen (Purn) Radjamin Purba. Pandirian Universitas Simalungun dimaksudkan untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang handal di Wilayah Siantar-Simalungun dan sekitarnya sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa. 
Saat ini Universitas Simalungun memiliki Sekolah Pasca Sarjana dengan Program Stud: Magister Hukum, Magister Sains Managemen dan Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Simalungun mengelola 5 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Tehnik. Jumlah Mahasiswa USI adalah 5.000 orang. 
Universitas Simalungun juga memiliki Rumah Susun Sederhana Mahasiswa (RUSUNAWA) yang dikhususkan kepada Mahasiswa putri dan dapat menampung 280 orang penghuni. Fasilitas lainnya adalah Puskesmas Pembantu dan Koperasi. Bagi Mahasiswa baru juga disertakan dalam Asuransi. 
Pada akhir tahun 2018 ini, masa jabatan Rektor Universitas Simalungun tahun 2014 2018 akan berakhir. Untuk menjamin kesinambungan kepemimpinan di Universitas Simalungun serta dalam rangka meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkwalitas. kami dari Yayasan Universitas Simalungun membuka kesempatan bagi Putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung memegang amanah jabatan Rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022. 
Proses Perekrutan Rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022
a. Tata tertib pemilihan Rektor.
Tata tertib pemilihan Rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022 adalah untuk mengatur Persyaratan, Tata cara dan Tahapan pemilihan rektor. Dalam rangka pemilihan Rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022 ini, Pihak Yayasan Universitas Simalungun memulainya dengan membentuk Tim Perumus Peraturan Yayasan tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor masa Jabatan 2018-2022. Tim Perumus ini terdiri dari: Pengurus Yayasan, seorang Pengawas Yayasan, seorang Wakil Rektor, seorang Staf Ahli Rektor, seorang Dekan Fakultas dan seorang Direktur Pengendali Mutu Universitas Simalungun. 
Tim Perumus ini telah menghasilkan Draft Tata Tertib Pemilihan Rektor masa jabatan 2018-2022. Kemudian Draft ini dikaji ulang oleh 3 orang ahli dari dosen fakultas hukum Universitas Simalungun untuk memperoleh legal drafting dan terakhir disempunakan oleh Pembina Yayasan. Sebelum diberlakukan, Peraturan Yayasan tentang Tata Tertib ini telah disosialisasikan sebelumnya kepada Senat Akademika Universitas Simalungun.

2. Panitia pemilihan rektor
Pada pertangahan Mei 2018, Pengurus Yayasan USI telah menetapkan dan mengangkat Panitia Pamilihan Rektor masa Jabatan 2018-2022 melalui Surat Keputusan Pengurus Yayasan USI No. 960/l-Y-USl/2018. Tugas dan wewenang Panitia Pemilihan telah digariskan pada Tata tertib yaitu antara lain mempersiapkan dan melaksanakan seluruh tata cara dan tahapan yang telah ditetapkan sejak membuat Pengumuman di media, pendaftaran Bakal Calon Rektor sampai dengan Pelantikan Rektor defenitif tanggal 10 Desember 2018. 

3. Pengumuman di Media.
Pengumuman tentang perekrutan Bakal Calon Rektor dimuat di 2 (dua) koran regional wilayah Sumatera Utara. 1 (satu) koran lokal wilayah SiantarSimalungun dan Website Universitas Simalungun. 

4. Persyaratan bakal calon rektor 
Persyaratan bakal calon rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022 diangkat dari Statuta Universitas Simalungun. Bakal calon rektor dapat berasal dari Dosen Tetap, Dosen Tidak Tetap, Dosen Tamu dan dosen dari Luar USI. Berkas pendaftaran dibuat rangkap 2 (dua). Persyaratan bakal calon rektor Universitas Simalungun adalah: 
a.    Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
b.    Warga Negara lndonesia; 
c.    Pas foto terbaru (berwarna) ukuran 4 x 6 cm dan 3 x 4 cm masing-masing 5 (lima) lembar dengan latar belakang warna merah; 
d.    Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah; 
e.    Mengajukan surat permohonan menjadi Rektor Universitas Simalungun; 
f.    Menyertakan Daftar Riwayat Hidup yang memuat riwayat pekerjaan; 
g.    Menyertakan makalah ringkas berisi rencana strategis dan program kerja sesuai visi dan misi Universitas Simalungun; 
h.    Berpendidikan Doktor (S3) yang dibuktikan dengan menyertakan fotocopy Ijazah Doktor yang dilegalisir dan menunjukkan ijazah asli pada saat penyerahan berkas. 
i.    Memiliki Nomor lnduk Dosen Nasional dan Jabatan Fungsional Dosen yang dikeluarkan Pemerintah (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi) paling rendah Lektor Kepala yang dibuktikan dengan menyertakan Foto copy Surat Keputusan Jabatan Fungsional terakhir (dilegalisir); 
j.    Memiliki masa kerja sebagai dosen paling rendah 4 (empat) tahun dihitung sejak pengangkatannya yang dibuktikan dengan menyertakan fotocopy Surat Keputusan pengangkatan sebagai dosen (dilegalisir) 
k.    Pernah mengemban tugas tambahan yang dibuktikan dengan menyertakan Fotocopy Surat Keputusan pengangkatan pernah mengemban tugas tambahan (dilegalisir); 
l.    Bagi Bakal Calon Rektor yang berasal dari Dosen Tetap, berusia paling tinggi 61 (enam puluh satu) tahun, dan bagi Bakal Calon Rektor yang berasal dari Dosen Tidak Tetap dan Dosen Tamu serta Dosen Luar berusia paling tinggi 55 (Iima puluh Iima) tahun pada tanggal 10 Desember 2018 yang dibuktikan dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga yang masih berlaku; 
m.    Menyertakan Surat persetujuan dan ijin tertulis dari Kementrian Riset dan Tehnologi Pendidikan Tinggi bagi bagi Bakal Calon Rektor berjabatan fungsional Guru Besar dan bukan Dosen Tetap; 
n.    Manyertakan surat ijin dari pimpinan perguruan tingginya, bagi Bakal Calon Rektor yang bukan dosen tetap Universitas Simalungun; 
o.    Tidak pernah dihukum penjara yang dibuktikan dengan menyertakan Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri domisili Bakal Calon Rektor. 
p.    Bebas Narkoba yang dibuktikan dengan menyertakan Surat keterangan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN); 
q.    Bersedia dicalonkan menjadi Rektor Universitas Simalungun yang dibuktikan dengan menyertakan Surat pernyataan yang dilekatkan materai Rp. 6.000,-.
r.    Bersedia bertugas penuh waktu dan hari senin sd jumat setiap minggu yang dibuktikan dengan manyertakan Surat pernyataan yang dilekatkan materai Rp. 6.000,-.
s.    Tidak sedang menjabat sebagai Organ Yayasan Universitas Simalungun yang dibuktikan dengan menyertakan Surat Pernyataan yang dilekatkan materai Rp. 6.000,-. 
t.    Tidak sedang tugas belajar yang dibuktikan dengan menyertakan Surat Pernyataan yang dilekatkan materai Rp 6.000,-.
u.    Tidak sedang memangku jabatan Rektor di Universitas Simalungun selama 2 (dua) kali satu masa jabatan berturut-turut yang dibuktikan dengan menyertakan Surat Pernyataan yang dilekatkan materai Rp. 6.000,-. 
v.    Ketika sudah diangkat sebagai Rektor, wajib berdomisili di kota Pematangsiantar yang dibuktikan dengan menyertakan Surat Pernyataan yang dilekatkan materai Rp. 6.000,-. 
5. Pendaftaran & Penetapan Bakal Calon Rektor 

Pendaftaran di buka sejak tanggat 11 Juni sd. 14 juli 2018. Pendaftaran dan penyerahan berkas dilakukan langsung oleh Bakal Calon Rektor itu sendiri. Selanjutnya Panitia melakukan verifikasi kelengkapan dan keabsahan berkas administrasinya.
Statuta Universitas Simalungun mengamanahkan bahwa Bakal Calon Rektor minimal berjumlah 3 (tiga) orang, sehingga Panitia akan memperpanjang waktu pendaftaran selama 1 (satu) minggu apabila Bakal Calon Rektor belum memenuhi kuota tersebut. Perpanjangan waktu ini diumumkan melalui media website USI. koran regional dan koran Iokal dalam 1 (sau) kali terbitan. Apabila waktu perpanjangan sudah dilakukan dan Bakal Calon Rektor masih saja belum mencapai kuota tersebut maka Pengurus Yayasan akan mengeluarkan Kebijakan melalui penerbitan Surat Keputusan. 
Panitia memberita acara pendaftaran dan penerimaan berkas Bakal Calon Rektor yang talah memenuhi persyaratan berdasarkan hasil verifikasi. Nama-nama Bakal Calon Rektor dalam berita acara tersebut. diurutkan berdasarkan nomor urut pendaftaran dan berita acara tersebut disampaikan kepada Pengurus. Pengurus menerbitkan Surat Keputusan tentang Penetapan Bakal Calon Rektor berdasarkan berita acara tersebut. Surat Keputusan tentang Penetapan Bakal Calon Rektor disampaikan kepada Senat melalui Panitia. 
6. Makalah rencana strategis dan program kerja Bakal Calon Rektor.

Statuta Universitas Simalungun juga mewajibkan Bakal Calon Rektor untuk membuat dan mempersentasikan sebuah makalah yang berisi rencana strategis dan program kerja sesuai dengan visi misi Universitas Simalungun. Jika Bakal Calon Rektor tidak hadir dalam menyampaikan makalahnya maka yang bersangkutan dinyatakan gugur. 
Persentase makalah disampaikan dihadapan Senat Akademik Universitas Simalungun, Pengurus, Pengawas dan Pembina Yayasan USI. Diskusi yang berkembang dalam penyampaian makalah ini bekisar dalam wacana rencana strategis dalan program kerja bakal calon rektor. 
7. Rapat Senat untuk memilihi Balon menjadi Calon Rektor 

Tahapan selanjutnya adalah Senat mengadakan rapat dengan acara tunggal untuk mengadakan pemilihan Calon Rektor melalui pemungutan. Anggota Senat telah dibekali dengan makalah rencana strategis dan program kerja serta riwayat perkerjaan Bakai Calon Rektor.
Hasil pemilihan dituangkan dalam berita acara untuk diserahkan kepada Pengurus Yayasan untuk diteruskan kepada Pembina Yayasan Universitas Simalungun.

8. Psikotest oleh lembaga independent 
Calon Rektor hasil pemilihan Senat Akademik Universitas Simalungun menjalani psikotes. Psikotest ini dilakukan oleh lembaga independent yang dihunjuk oleh Pengurus Yayasan. Pengurus Yayasan menyampaikan hasil psikotes ini dan hasil pemilihan Calon Rektor oleh Senat Skademik Universitas Simalungun kepada Pembina Yayasan USI. 

9. Uji kepatutan dan kelayakan
Tahapan selanjutnya adalah bahwa Pembina Yayasan melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) terhadap Calon Rektor yang disampaikan Pengurus. 

10. Penetapan Rektor
Dengan dibekaIi 1. Makalah Rencana Strategis dan Program Kerja; 2. Hasil pemilihan Senat Akademik USI; 3. Psikotest oleh Lembaga Independent; 4. Uji kelayakan dan Kepatutan, Pembina mengadakan rapat tertutup dengan agenda tunggal yaitu menetapkan Rektor Universitas Simalungun masa jabatan 2018-2022. 
Hasil rapat Pembina dalam hal penetapan Rektor ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Berita Acara penetapan ini disampaikan kepada Pengurus Yayasan untuk diterbitkan Surat Keputusan dan dilaksanakan pelantikan. 

11. Pelantikan Rektor masa jabatan 2018-2022 
Pelantikan Rektor Universitas Simalungun akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 10 Desember 2018. Yang melantik adalah Pengurus Yayasan Universitas Simalungun. Dalam acara ini akan ditanda tangani berita acara pelantikan dan fakta integritas.
Setelah acara pelantikan ini, Pengurus Yayasan Universitas Simalungun akan menyampaikan laporan pemilihan, penetapan dan pelantikan Rektor Universitas Simalungun ini kepada Kemenristekdikti dan ditembuskan kepada Kopertis wilayah I Sumatera Utara.

 

Mengetahui :
Pengurus Yayasan Universitas Simalungun    

Ir. Amsar Saragih, MM
ketua    

Panitia Pemilihan Rektor USI Masa Jabatan 2018-2022

Elviera SC. Damanik, SE
Ketua