Buka Seminar Internasional di USI, Ini Harapan Wali Kota Siantar

Siantar, Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun (USI), menyelenggarakan seminar berjudul 1st International Conference Of Economic Studies (ICOES) 2018 dengan tema 'increasing regional economic and sustainable creative industryby applying digital business'.

Acara dibuka Wali Kota Siantar melalui Wakil Wali Kota Togar Sitorusl di Auditorium Universitas Simalungun (USI) Jalan SM Raja XII Siantar, Jumat  (13/4/2018).

Sebelum membuka acara, Togar membacakan sambutan Wali Kota mengatakan, bahwa Pemko Siantar menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan seminar internasional dengan menghadirkan empat keynotes speaker dari dalam dan luar negeri.

Togar menjelaskan, pertumbuhan bisnis tidak terlepas dari daya saing, yang bahkan saat ini menjadi salah satu isu masyarakat global.

"Daya saing ini penting karena sejalan dengan tuntutan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, aktivitas bisnis terkait kemampuan mengoptimalkan kualitas yang berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi," ujarnya.
Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus bersama Rektor USI, saat mengikuti seminar.   
Lanjut Togar, kemudahan berbisnis di suatu daerah secara umum terkait dengan suasana kehidupan yang memberi ruang lahirnya kreatifitas dan inovasi yang relatif tak terbatas.

"Hal ini begitu penting karena perkembangan ekonomi regional dan industri kreatif yang berkelanjutan menggunakan aplikasi digital menuntut para pelaku usaha untuk lebih bijak dalam menggunakan aplikasi digital," katanya.

Wakil Wali Kota berharap, para pelaku usaha, narasumber dan peserta seminar dapat terlibat dengan memberikan pemikiran, gagasan, berbagi pengalaman, unjuk kreatifitas untuk mendorong karya karya dalam menciptakan lapangan kerja dan kemajuan ekonomi secara makro kepada masyarakat khususnya di kota Siantar, agar Siantar semakin mantap, maju dan jaya.

Empat keynotes speaker dari dalam dan luar negeri yang dihadirkan adalah, Suliyanto (Dekan FEB Universitas Jenderal Sudirman Purwokwerto), Sutthathip Kamthornphiphatthanakul (Thailand),  Ahmad Shukri Yazid (wakil rektor Universitas Sultan Zainal Abidin Kula Terengganu Malaysia), dan Muhammad Edhie Purnawan (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta).

Selain peserta dari Mesiko dan beberapa perguruan tinggi seperti, UI, Unpad, USU, Unimed yang menjadi pemakalah, juga tampak hadir, Rektor USI, Marihot Manullang, Kordinator Kopertis Wilayah I Medan,  Dian Armanto, Ketua Yayasan USI, Amsar Saragih, serta mahasiswa dan Dosen USI.