Universitas Simalungun
 
 
 

Berita > Pendidikan

KUATKAN PEMAHAMAN IMPLEMENTASI PERENCANAAN MAHASISWA PASCASARJANA UNIVERSITAS SIMALUNGUN STUDY LAPANGAN KE PT.KIM (Persero) MEDAN

Senin, 12 Juni 2017 | 12:56:28 WIB


Guna meningkatkan pemahaman tentang implementasi perencanaan, mahasiswa Pascasarjana Universitas Simalungun melakukan study lapangan ke Kawasan Industri Medan (KIM). Kegiatan yang diadakan pada tanggal 10 juni 2017 ini bertujuan untuk penguatan teori perencanaan, sehingga peserta didik dapat perbandingan antara teori dan implementasi.

Dipilihnya Kawasan Industri Medan (KIM) karena kawasan tersebut sudah menjadi contoh implementasi sebuah perencanaan kawasan yang berhasil. Tentu hal baik itu diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa Pascasarjana Universitas Simalungun. Mengingat saat ini peserta didik lebih didominasi kalangan Aparatur Sipil Negeri (ASN), status  tersebut bisa menjadi pendorong kemajuan di daerah pemerintahan masing-masing.

Aparatur Sipil Negeri yang menimba ilmu di Universitas Simalungun berasal dari berbagai daerah diantaranya Kota Pematangsiantar, Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kota Sibolga, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Ashana, Kabupaten Batu-bara, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, kabupaten Humbang Hsaundutan, Kabupaten Samosir. Kawasan Industri Medan (KIM) tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai contoh dalam pengembangan kawasan di daerahnya masing-masing, sehingga sinegritas pembangunan semakin tumbuh pesat.

Keberhasilan Kawasan Industri Medan (KIM) yang ditunjang oleh komitmen bersama,mulai dari tahap planning hingga operasional. Dan saat ini sudah berkembang menjadi dua kawasan, yaitu KIM I dan KIM II. Perlu diketahui, Kawasan Industri Medan telah menanamklan investasi Kota Medan. Provinsi Sumatera Utara telah berhasil mengembangakan sebuah kawasan yang meberi dampak terhadap pembangunan. Untuk itu dalam study lapangan ini dibimbing langsung oleh Dosen yang dibagi dalam 7 Kelompok, dengan membahas topik yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok.