Berita

Berita » Penelitian

Dosen Muda USI Peroleh Pendanaan Penelitian dari Kemenristekdikti

  Selasa, 2018-01-23   12:37:03


Diawal tahun 2018, Universitas Simalungun mendapatkan hadiah dengan terpilihnya 3 orang dosen muda dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam program pendanaan penelitian dosen pemula, diantaranya  Pamona Sinaga SHut MSi yang tercatat sebagai dosen pada program studi kehutanan fakultas pertanian dengan judul penelitian “Kelayakan industry pengolahan kayu di kota Pematangsiantar”, berikutnya Muhammad Komarul Huda dengan judul “Analisis vegetasi dan identifikasi tumbuhan asing invensif di TWA sikice-kice kabupaten Dairi” dosen muda program studi pendidikan biologi serta Lili Tansliova dengan judul “Pemanfaatan puisi sebagai sumber belajar bahasa Indonesia untuk pembinaan nilai-nilai dan karakter bangsa pada peserta didik di SMP Taman Siswa Bah Jambi.
Rektor USI Prof Marihot Manullang menyambut baik dan bangga atas ketiga dosen muda yang mendapatkan pendanaan dimaksud untuk tahun 2018 karena program penelitian dosen pemula dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian di perguruan tinggi, disamping memacu kepada yang lainnya untuk dapat mengikutinya.
Masih kata Prof Manullang bahwa  kegiatan ini sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti. Penelitian Dosen Pemula merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Kelompok Binaan. Selain untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi.
Sementara itu, Pamona Sinaga menyatakan rasa syukur kepada Tuhan, dimana diberi kesempatan untuk mengikuti program dimaksud. Ini adalah sebuah kesempatan yang baik baginya dalam menata karir sebagai dosen, sehingga diharapkan akan mendapatkan pengalaman dan menambah kemampuan serta dapat mempublikasikannya, katanya mengakhiri.