Berita

Berita » Lain-Lain

Gapura Universitas Simalungun Diresmikan

  Selasa, 2018-01-23   12:39:25


Rektor Universitas Simalungun (USI) Prof Dr Marihot Manullang mengajak citivitas USI untuk meningkatkan hubungan baik dengan berbagai pihak sehingga program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan sarana pendukung dapat dicapai dengan baik. Hal itu disampaikan saat peresmian Gapura atau pintu gerbang baru masuk ke USI, Jumat (19/1).
Gapura tersebut merupakan hasil bantuan CSR dari PT Inalum, dan dasar itulah Rektor menyampaikan terimakasihnya kepada pihak PT Inalum. Namun Rektor tetap berharap hubungan kerjasama yang baik itu dapat ditingkatkan. Menurutnya, masih banyak hal perlu dibenahi di USI dan dalam menyempurnakan semua itu bantuan dari pihak lain atau perusahaan tentu masih dibutuhkan.
Lewat bantuan ini, Rektor USI juga mengakui jika berkenan, pihaknya akan menyampaikan profosal kepada PT Inalum dalam hal pembuatan lampu di patung pendiri USI yaitu Brigjen Purn Radjamin Poerba, S.H sehingga saat air dipanjurkan ke atas nama USI muncul. “Tentu itu akan memperindah pintu masuk USI,” ucapnya sembari mengutarakan bahwa dalam waktu dekat ini USI memiliki berbagai program kerja dengan skala nasional dan internasional.
“ISEI (Ikatan Sarajan Ekonomi Indonesia) harus berperan aktif sehingga kelak dapat menjadi ketua ISEI se Sumatera Utara. Mengingat USI akan melaksanakan konfrenasi internasional sekitar April atau Mei, yang mana pesertanya yang hadir ada yang berasal dari Brunai Darussalam, Malaysia dan beberapa daerah diluar provinsi Sumut sudah menyatakan keikutsertaannya dalam acara itu. Ini akan dilaksanakan di USI, dan ini baru pertama kali sejak 52 tahun USI berdiri,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu Prof Dr Marihot Manullang menyampaikan banyak terimakasih kepada tim profosal dan diharapkan keberadaan USI semakin baik lewat peran aktif seluruh stakeholder USI. “Bulan depan sekitar tanggal 9 dan 10 akan diadakan juga kuliah umum oleh pihak Toyota, langsung datang dari Jepang sekaligus memberikan sumbangan mesin untuk dipergunakan fakultas Tekni, dan mudah-mudahan kemampuan mahasiswa Teknik dapat besaing lebih jago diberbagai daerah,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan USI Ir Amsar Saragih, mengatakan Gapuran ini akan menjadi icon USI dan tidak menutup kemungkinan menjadi icon Pematangsiantar, dimana diyakini kemudian hari akan banyak orang yang berfoto di patung Brigjen Purn Radjamin Poerba, S.H.  Dan ini akan menjadi jejak promosi bagi USI dan Kota Pematangsiantar.
“Kami sangat berterimakasih kepada Inalum dan Pemko Pematangsiantar. Kami dari pihak yayasan melihat ini menambah nilai asset dan juga menambah nilai bagi USI. Disatu sisi, bagaimana kedepannya mempecantik wajah dari gapuran dengan hadirnya air mancur dan ketika memancur ke atas maka nama USI akan kelihatan dan tentunya akan memperindah USI dilihat dari luar. Keberadaan USI dengan dunia industri sangat penting dan semoga hubungan itu lebih intens lagi,” jelasnya.
Sedangkan Wakil Pembinan USI yaitu, Minten Saragih didampingi pembina lainnya mendorong agar Civitas USI memikirkan nama PT Inalum ada nanti di lampu air mancur. “Kita harus menghargai yang menghargai kita. Mudah-mudahan nanti pimpinan PT Inalum, dilihatnya itu, tergerak hatinya untuk menambahkan bantuan. Mari kita bertukar pikiran dan mari kita membangun USI. Tolong juga kerjasama yang baik ini juga ditingkat dengan pihak PT Inalum,” terangnya.
Mengenai bantuan itu, Hiras Nainggolan mewakili pimpinan PT Inalum mengatakan bahwa sudah menjadi bagian dari perusahaan untuk mendukung pendidikan, dalam hal ini melalu USI. “Saya tidak katakan ini berlebihan, bahwa pak rektor itu benar bahwa USI harus menjadi universitas terkemuka di Sumut bahkan tingkat nasional. Untuk itu mari kita sama-sama mendukung kemajuan USI. Semua bantuan dari Inalum butuh proses. Kalau untuk membawa profosal ya saya akan bawah tetapi jajaran yang paling tinggi yang menentukan,” jelasnya.
 Sementara itu, Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus mengatakan, USI yang berdiri sejak tahun 1965 telah memiliki 5 fakultas dan 15 jurusan, dengan agreditasi B serta 2 program Pascasarjana. Satu diantaranya telah terakretasi. Usi yang cukup dikenal semoga menjadi perguruan tinggi yang terus mampu meningkatkan SDM mumpuni. “Sehingga putra putri kita berkurang kuliahdi perguruan lain. Disamping pergutruan yang semakin tinggi SDM-nya, perlu diingat ditengah persaingan dan kebutuhan ekonomi dan tenaga kerja, mahasiswa harus dibekali berwirausaha dan jika itu terealisasi maka tri dharma perguruan tinggi dapat terwujud.